WELCOME...HORAS....

JHON KENNEDI SIMANUNGKALIT POETRA LOEMBAN LOBOE

Senin, 07 Juni 2010

Akka Namardai


Ihan Batak - Dengke Jurungjurung

Ihan Batak atau Dengke Jurungjurung yang menurut orang Batak adalah dengkee keberuntungan bagi memakannya. Untuk mendapatkan Ihan Batak ini pun sangatlah susah, saat ini Ihan Batakpun sudah hampir punah. Bahkan untuk mendapatkan Ihan Batak ini kita perlu merogoh kantong antara 100 sampai 1 juta rupiah per ekornya. Di sebagian huta/ desa di kawasan Danau Toba yang di aliri sungai deras masih ada beberapa Ihan Batak ditemukan oleh para pemancing dan penjala.


Bona Ni Lanteung

Lanteung, adalah sejenis tumbuhan berduri hampir seluruh tanaman ini dipenuhui duri. Buah Lanteung sangat mirip dengan buah terong belanda yang bentuknya bulat kecil. Juga tanaman ini bagi orang Batak adalah tanaman yang tidak berguna dengan kata lain bahwa tanaman ini tidak bisa dipergunakan sama sekali. Baik buat hewan peliharaan seperti Pinahan, tumbuhan ini pun tidak dimakan pinahan. Buah Lanteung yang masih muda terlihat berwarna hijau, jika sudah matang akan terlihat warna merah.

Strobery Batak - sanggirgok

Sanggirgok, jenis tanaman ini sering di jumpai ditepi jalan yang penuh dengan semak belukar. Biasanya kalau di Huta tanaman ini termasuk jajanan halak Batak yang sehat. Bentuknya hampir menyerupai stroberi namun agak kecil. Rasanyapun manis dan asam... ehm.. Ada yang punya pengalaman dengan tanaman ini?! Dari cerita beberapa teman dahulu waktu dihuta pulang sekola sambil bermain mencari tanaman ini untuk di makan, seru juga.

Tiung - Terong Belanda
Disela perjalanan mencari Bona Ni Andaliman, dikebun terdapat pohon Tiung. Kebetulan sudah ada yang berbuah namun belum siap panen. Ada yang bilang buak Tiung ini barhasiat untuk menambah darah dan juga vitamin A. Ehmm.. kalo mengenai rasa kita sudah bisa tebak bukan?!, Ya manis, asam dan sedikit rasa kelat di lidah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar